Mengenal Macam Macam Jenis Kapal Laut Beserta Fungsinya

09 Jul 2024 | Baariq Ayumi
Mengenal Macam Macam Jenis Kapal Laut Beserta Fungsinya

Ribuan kapal beroperasi di seluruh belahan bumi setiap harinya untuk membawa berbagai macam komoditas untuk memenuhi kebutuhan setiap negara.

Terdapat berbagai jenis kapal komersial yang berlayar di lautan mulai dari kapal kargo, tanker, bulk carrier, hingga kapal perang. Masing-masing tipe kapal mempunyai kelebihan, kekurangan, serta kegunaannya tersendiri, hal tersebut menjadi pertimbangan bagi pengirim saat membuat keputusan.

Artikel ini akan membahas secara lengkap jenis kapal yang umum beroperasi berdasarkan muatannya. Mari kita lihat lebih detail setiap jenis kapal pada artikel di bawah ini!

 

Daftar isi
1. Kapal Container
2. Kapal Bulk Carrier
3. Kapal Tanker
4. Kapal Penumpang
5. Kapal Angkatan Laut / Kapal Perang
6. Kapal Offshore
7. Kapal Ro-Ro (Roll-on/Roll-off)
8. Kapal Penangkap Ikan
9. Kapal Keruk
10. Kapal Kecepatan Tinggi
11. Kapal Khusus
12. Penutup
 

 

Kapal Container

Kapal kontainer membawa lebih dari 150 juta muatan kontainer barang setiap tahun (mainan, tekstil, sepatu, busa cukur, suku cadang mobil hingga makanan kucing). 

Semua peti kemas tersedia dalam ukuran standar sehingga dapat dengan mudah dimuat oleh derek raksasa ke kapal, kemudian dibongkar di pelabuhan dan diangkut melalui jalan darat atau kereta api untuk perjalanan selanjutnya ke pabrik, gudang, atau bahkan sampai ke gerai ritel. 

Kapal tipe ini terbesar bisa memuat hingga lebih dari 18.000 kontainer.

Kapal Bulk Carrier

Kapal bulk carrier mempunyai penutup palka besar di dek yang bisa dibuka guna memperlihatkan ruang muatan yang luas, dimana tempat barang akan dimuat.

Kapal tipe ini umumnya diperuntukan guna memuat komoditas kering dalam jumlah yang begitu banyak seperti batu bara, gandum, dan biji besi.

Kapal Tanker

Kapal jenis ini difungsikan untuk mengirim bahan berbentuk cair seperti cairan kimia, gas, dan minyak dengan jumlah yang sangat banyak.

Kapal ini mempunyai struktur yang begitu kokoh dan memiliki “lambung ganda” guna melindungi muatannya, sehingga kecil kemungkinan terjadi tumpahan jika terjadi tabrakan atau kandas.

Kapal Penumpang

Kapal pesiar setiap tahunnya dapat membawa jutaan orang berlayar ke beberapa negara dan lebih banyak lagi yang melakukan perjalanan dengan Kapal Feri Internasional. 

Kapal pesiar terbesar saat ini dapat mengangkut lebih dari 6.200 penumpang dengan lebih dari 2.300 awak kapal, dan Anda dapat menemukan ice skating, taman, kolam renang, teater, dan banyak lagi hiburan di dalamnya.

Kapal Angkatan Laut / Kapal Perang

Kapal angkatan laut memiliki peran yang begitu vital dalam menjaga kepentingan maritim dan menjaga keamanan nasional. Ada cukup banyak tipe kapal yang dirancang untuk keperluan ini, antara lain: 

  • Kapal induk 
  • Kapal perusak dan fregat 
  • Kapal selam 
  • Kapal patroli

Secara keseluruhan, kapal militer memiliki pengaruh sangat vital dalam mengamankan perbatasan maritim, melawan ancaman, dan memproyeksikan kekuatan, yang memainkan peran penting dalam pertahanan dan keamanan global suatu negara.

Kapal Offshore

Kapal offshore berperan penting dalam mendukung seluruh aktivitas di industri minyak dan gas saat di lepas pantai. 

Kapal-kapal ini menyediakan layanan penting, termasuk transportasi personil, peralatan, dan perlengkapan dari maupun ke anjungan lepas pantai. 

Kapal pendukung lepas pantai (OSV) tersedia dalam berbagai jenis, seperti kapal pemasok anjungan (PSV) dan kapal tunda pengangkut jangkar (AHTS), yang masing-masing melayani tujuan tertentu. 

OSV membantu memastikan kelancaran dan keamanan operasi instalasi lepas pantai, yang berkontribusi pada eksplorasi, produksi, dan pemeliharaan sumber daya energi di laut.

Kapal Ro-Ro (Roll-on/Roll-off)

Kapal satu ini didesain khusus untuk dapat membawa kendaraan seperti motor, mobil, hingga truck secara langsung dengan cepat.

Fitur khasnya adalah pintu rampa bawaan, yang memungkinkan kendaraan bisa langsung naik dan turun dari kapal, sehingga menyederhanakan proses. 

Kapal Ro-Ro melayani berbagai kargo, termasuk mobil, truk, trailer, dan mesin berat. Efisiensi ini menjadikannya pilihan yang lebih disukai untuk rute laut pendek seperti menyebrang pulau atau bisa juga lintas samudra.

Karena kemampuan fleksibilitas dan aksesibilitasnya, kapal ini berkontribusi secara signifikan terhadap industri otomotif dan transportasi barang berukuran besar atau beroda melintasi perairan internasional.

Kapal Penangkap Ikan

Kapal penangkap ikan adalah kapal khusus yang dirancang untuk memanen sumber daya laut dan berkontribusi pada industri makanan laut global. 

Kapal penangkap ikan memainkan peran penting dalam memenuhi permintaan makanan laut global dan mendukung mata pencaharian, menjadikannya kontributor penting bagi ekonomi lokal dan industri makanan yang lebih luas.

Kapal Keruk

Kapal keruk adalah kapal yang dilengkapi oleh peralatan penggalian dimana berfungsi dalam mengangkat pasir dan jenis endapan lainnya dari dasar laut. 

Kegiatan pengerukan tersebut memiliki beberapa tujuan, seperti membuat daerah pesisir dangkal menjadi mudah dilayari, penambangan laut dalam, dll.

Kapal jenis ini umumnya diklasifikasikan menjadi dua jenis:

  • Kapal keruk mekanis
  • Kapal keruk hidrolik

Kapal Kecepatan Tinggi

Kapal berkecepatan tinggi adalah kendaraan laut berteknologi tinggi (biasanya berkecepatan tinggi) yang canggih. Meskipun sebagian besar teknologi ini tidak digunakan di kapal komersial, beberapa telah berhasil diterapkan dan diuji di kapal niaga konvensional berskala kecil.

Kapal Khusus

Kapal khusus merupakan kapal yang memiliki fungsi untuk satu tujuan yang spesifik, berikut beberapa kapal khusus yang ada saat ini:

  • Kapal tunda: Kapal tunda adalah kapal atau perahu yang menggerakkan kapal dengan cara mendorong atau menariknya.
  • Cable laying ship – Kapal ini digunakan untuk tujuan membantu dalam memasang kabel pada dasar laut. 
  • Kapal Penelitian – Kapal ini digunakan untuk tujuan riset di laut lepas. Terdapat beberapa contoh kapal riset yang paling umum antara lain kapal seismik , kapal hidrografi, kapal oseanografi, serta kapal kutub.
  • Kapal Tongkang : Tongkang adalah perahu beralas datar yang dibangun terutama untuk transportasi barang berat melalui sungai dan kanal.
  • Kapal Penyelamat – Kapal penyelamat adalah kapal yang bergerak dalam operasi penyelamatan; pemulihan harta benda yang hilang di laut.

Penutup

Masing-masing tipe kapal mempunyai perannya sendiri-sendiri dalam menyokong aktivitas global. Dalam kegiatan pelayaran di laut yang begitu kompleks, setiap kapal merupakan komponen vital, yang meningkatkan efisiensi, konektivitas, dan pertumbuhan ekonomi global. 

Seiring kemajuan teknologi dan berkembangnya industri, aset maritim ini akan terus beradaptasi, memperkuat kontribusi signifikan mereka dalam jalinan bisnis dan perdagangan internasional yang rumit.

Demikian informasi yang bisa ETH Cargo bagikan kepada Anda. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memperkaya pengetahuan.

ETH Cargo merupakan jasa import China yang sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun dan sudah membantu ribuan orang dalam mengembangkan bisnisnya. Jika Anda memiliki keperluan import barang dari  berbagai marketplace China, jangan sungkan untuk langsung menghubungi ETH Cargo sekarang!

 

Sumber:

A Guide To Types of Ships - Marine Insight

Tags


Artikel Terbaru