5 Brand Skincare yang mendominasi pasar Indonesia ini ternyata berasal dari China

04 Jan 2024 | Mega Arfia

Dalam dunia skincare yang terus berkembang, konsumen Indonesia telah menyaksikan penampilan popularitas berbagai brand, bahkan beberapa brand telah mendapatkan pengakuan luas dan mendominasi pasar melalui media sosial seperti TikTok, Instagram, Twitter, dll maupun keberadaannya di toko kecantikan yang tersedia di berbagai daerah Indonesia. Sehingga membuat perubahan besar pada Industri perawatan kulit yang ada di indonesia, dengan brand-brand China yang menarik perhatian dan kepercayaan konsumen.

Produk dari brand skincare yang berasal dari China telah memasuki pasar Indonesia secara strategis, dengan melakukan rebranding terhadap produk mereka untuk menciptakan identitas baru dan memikat konsumen khususnya UMKM yang ada di Indonesia, sehingga berhasil membuat produknya dianggap sebagai produk asli Indonesia.

Artikel ini mengulas lebih dekat apa saja 5 brand skincare asal china yang sukses meraih popularitas di Indonesia. Dan mengapa konsumen Indonesia tertarik pada produk ini, dan bagaimana mereka berhasil menemukan ruang dalam dunia perawatan kulit Indonesia yang beragam dan dinamis. Penasaran brand apa saja yang mendominasi pasar Indonesia? Simak daftar berikut ini!

1. Skintifik

Tidak sedikit orang yang mengira Skintific merupakan produk lokal. Namun ternyata selama ini skintific merupakan produk China di bawah perusahaan Shanghai Xuanmei Biological Science and Technology Co., Ltd, diproduksi di China dan di distributorkan ke Indonesia PT. Semoga Sun Yvan. Meski didirikan sejak tahun 1957, namun produk skincare ini muncul di Indonesia pada bulan Agustus 2021 yang dalam kurun waktu kurang dari 2 tahun mampu mengalahkan popularitas brand–brand lokal.

Setiap orang berhak mendapatkan kulit yang lebih sehat, baik luar maupun dalam. Tidak hanya soal hasil yang cepat dan efektif, kunci sukses Skintific mampu memenangkan hati pecinta skincare tanah air adalah karena Skintific mengutamakan keamanan kulit dalam jangka panjang, tidak lagi mengorbankan kesehatan skin Barrier, Skintific akan memberikan solusi terbaik untuk konsumennya. Diformulasikan oleh para ilmuwan yang berkomitmen dan terbukti dalam penelitian yang menghabiskan waktu bertahun-tahun mempelajari dan mengembangkan solusi dalam botol, sehingga memberikan hasil yang cepat dan aman untuk semua jenis kulit wanita indonesia. Skintific mendasarkan seluruh formulasi kami pada teknologi TTE (Trilogy Triangle Effect) yang tidak hanya memberikan hasil yang efektif dan tepat, namun juga aman dan lembut bahkan untuk orang dengan kulit sensitif. Bahan aktif Precise, dengan cepat menghilangkan masalah kulit dan menghidrasi dan menenangkan kulit secara intensif, efektif melindungi, meningkatkan skin barrier dan dapat menjadi solusi bagi berbagai permasalahan kulit dan mewujudkan kulit sehat impian wanita Indonesia. Semua produk Skintific sudah memiliki izin BPOM sehingga terpercaya aman dan berkualitas bagi kulit. Seperti beberapa produk SKINTIFIC yang juga terkenal dengan inovasi produk mereka yang viral, yaitu 5x Ceramide Moisturizer, dan yang terbaru ada Mugwort Acne Clay Stick dan Truffle Biome Skin Reborn Moisturizer.


Baca Juga : Simak Regulasi Barang Import dari China

2. The Originote

Brand kecantikan yang sama populernya seperti skintific ini juga berhasil menarik perhatian publik, khususnya pecinta skincare di Indonesia karena produk-produknya seringkali viral atau berseliweran di media sosial. Originote ini dibuat oleh Shanghai Ayara Cosmetics Co., Ltd, pelembab merek asal China ini menggabungkan bahan-bahan alami dan laboratorium menjadi satu, yang bertujuan untuk memberikan perawatan kulit profesional dan berkualitas tinggi yang dapat mengatasi masalah kulit dengan aman dan efektif. The Originote percaya bahwa kulit kita memiliki perjalanannya yang selalu berubah dan berbeda untuk setiap orang. Oleh karena itu, The Originote ingin merayakan keindahan dalam kesatuan melalui produk The Originote.

Brand kecantikan yang diimpor oleh PT. Nayue Kosmetik Indonesia ini berdiri pada tahun 2022 dan sudah memiliki beberapa rangkaian skincare yang sesuaikan dengan setiap masalah kulit dan dapat digunakan mulai usia 13 tahun (remaja). Setiap produk memiliki fungsi untuk masing-masing masalah kulit dengan kandungan yang canggih namun dengan harga yang terjangkau. Rangkaian produk The Originote dapat digunakan oleh siapa saja tidak terbatas umur dan kalangan, sesuai dengan visi dan taglinenya yaitu “Affordable Skincare for All", dan aman digunakan karena semua produk sudah memiliki izin BPOM. Seperti beberapa produk viral The Originote yang bisa kalian coba yaitu ; The Originote Hyalucera Moisturizer Gel, The Originote Ceramella Sunscreen SPF PA50++++, dan The Originote Retinol B3 Serum.

3. Grace and Glow

Salah satu brand perawatan kulit tubuh yang sempat viral dan mencuri perhatian wanita indonesia yaitu Grace and Glow yang diproduksi oleh Shanghai Ayara Cosmetics Co., Ltd, China yang diimpor oleh PT. Nayue Kosmetik Indonesia dan terbentuk sejak tahun 2021. Grace and glow menganggap kulit memegang peranan penting dalam melindungi tubuh karena jika memiliki kulit yang sehat, akan memiliki hidup yang sehat. Itulah sebabnya Grace and Glow hadir, memformulasikan bahan-bahan perawatan kulit terbaik untuk membantu menghilangkan masalah kulit.

Grace and glow juga hadir dalam sentuhan wewangian mewah untuk membantu meningkatkan mood saat membersihkan tubuh sehingga dapat merasa segar dan berenergi setelahnya. Sesuai dengan tagline dari Grace and Glow yaitu " Bahan perawatan kulit terbaik, Parfum mewah, Elegance. " Grace and Glow memiliki visi untuk menghadirkan 2in1 body care dan parfum dalam satu produk bagi pelanggannya. Serta akan menghadirkan produk-produk perawatan tubuh yang dapat menjawab permasalahan kulit masyarakat Indonesia. Grace and Glow terus berinovasi menghadirkan rangkaian produk untuk memenuhi kebutuhan perawatan kulit tubuh masyarakat Indonesia sehingga aman digunakan dan sudah terdaftar izin dari BPOM. Body wash merupakan produk unggulan dari Grace and Glow, yang tidak hanya membersihkan tubuh dari kotoran, namun juga dinilai memiliki aroma parfum high end dengan banyak macam varian wewangian yang sangat berkelas, diantaranya yaitu Balck Opium, English Pear & Freesia, dan Rouge 540. yang memberikan pengalaman berbeda saat mandi. Produk yang dimiliki Grace and Glow saat ini seperti body wash, body serum, shampoo, hairmist, hair scrub dll.

4. Glad2Glow

Brand skincare yang mewarnai pasar indonesia selanjutnya yaitu Glad2glow yang berasal dari GuangZhou DAAI Cosmetics Manufacture Co., Ltd, China yang di import oleh PT. Suntone Wisdom Indonesia dan dipasarkan ke Indonesia. Tak disangka produk Glad2Glow hasil impor dari perusahaan luar negeri yang viral di media sosial dan eksis di beauty store ini sudah menjadi incaran masyarakat tanah air ini. Selain itu, produk China ini ternyata sangat cocok dengan kulit Indonesia hingga para beauty lovers tertarik untuk menggunakannya. Dengan inovasi terbaru, Glad2Glow menggabungkan konsep bahan natural dan bahan aktif, memberikan hasil yang efektif namun lembut untuk digunakan mulai dari usia remaja sekalipun.

Meskipun produk-produk dari brand ini berkualitas dan kemasan yang bagus serta menarik, harga yang dibanderol tetap terjangkau di kantong. Tidak hanya itu, bahan-bahan yang digunakan diklaim sangat aman untuk digunakan dan terjamin oleh BPOM. Bagi yang mempunyai kulit sensitif pun dapat menggunakannya, karena formulanya tanpa ada paraben, alkohol, dan SLS, sehingga diklaim aman untuk semua jenis kulit. Berdasarkan informasi dari salah satu produknya, mampu memperkuat lapisan pada kulit wajah dan melembapkan secara mendalam. Dua produk yang paling populer dan diincar yaitu Glad2Glow Light Sunscreen Gel UV SPF50 PA+++ dan Glad2Glow 5% Blueberry Moisturizer Cream 5x Ceramide dan Glad2Glow Pomegranate 5% Niacinamide Brightening Moisturizer.

5. Bioaqua

Brand yang satu ini sudah meramaikan industri kecantikan di Indonesia sejak 2009 silam. Hingga saat ini, brand ini masih menjadi salah satu pilihan sebagian wanita indonesia untuk mempercantik penampilan wajahnya. Berasal dari China di bawah perusahaan GuangZhou Biosphere Cosmetics Co., Ltd, dan perusahaan yang mendaftarkan produk-produk Bioaqua di Indonesia adalah PT. Semarak Sukha. Bioaqua dikenal dengan harga yang murah, kualitas yang baik, dan fokus pada bahan-bahan alami serta percaya pada inovasi yang cepat untuk mewujudkan komitmen kami untuk selalu menciptakan kecantikan Hemat Biaya dengan nilai tinggi. Salah satu keunggulan Bioaqua adalah penggunaan bahan-bahan alami dalam produk-produknya seperti mengandung ekstrak tumbuhan dan bahan-bahan alami lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Bioaqua hadir di Indonesia dengan tujuan untuk memberikan produk skincare lokal Indonesia, yang dapat digunakan setiap hari dan aman bagi para wanita Indonesia dengan harga yang efektif dan efisien serta tidak perlu khawatir karena seluruh produk sudah terdaftar di BPOM, GMPC, Halal, dan ISO. Antusiasme masyarakat yang sangat tinggi terhadap tren kecantikan inilah yang mendorong brand kecantikan global asal China Bioaqua, untuk hadir mewarnai pasar industri kecantikan di Indonesia pada tahun 2021. Berkat varian produk yang beragam dan berkualitas mulai dari perawatan kulit, seperti pembersih wajah, masker wajah, krim , serum, dan produk perawatan tubuh lainnya. Seperti beberapa produk dari Bioaqua yang populer di masyarakat: Bioaqua Sheet Mask Hydrating Essence, Bioaqua Soothing & Moisture Aloe Vera, dan Bioaqua Serum 24K Gold Skincare.

Itulah beberapa brand skincare asal China yang sudah mewarnai pasar industri kecantikan di Indonesia dengan memikat para pecinta kecantikan melalui produk-produk yang terjangkau dengan harga yang terjangkau dan berkualitas tinggi. Jika kamu salah satu pengguna brand-brand di atas, kamu bisa loh beli langsung dan menjadi tangan pertama brand-brand kecantikan populer di atas. Tunggu apa lagi mulai impormu sekarang juga bersama ETH Cargo Indonesia !