5 Merek Kosmetik Asal China yang Laris di Indonesia

16 Jan 2024 | Mega Arfia

Pernah melihat banyaknya produk kecantikan asal China yang populer di Indonesia? Inilah yang sedang terjadi! Menyaksikan bagaimana produk-produk Impor asal China mengambil alih konsumen Indonesia dalam lanskap kosmetik,  dengan masuknya produk-produk kecantikan asal China telah menggemparkan wanita Indonesia, memikat hati para penggemar kosmetik dengan perpaduan sempurna antara inovasi, kualitas, dan harga yang terjangkau. Menarik untuk diketahui bahwa sebagian besar impor produk kosmetik ini dilakukan oleh perusahaan kecil dan menengah, bukan perusahaan besar. Artinya, kamu tidak perlu menjadi perusahaan multinasional besar jika ingin memulai bisnis impor. Kamu dapat menjalankan bisnis impor bahkan dari rumah!

Baca juga: Apa Itu Less Container Load

Pada artikel kali ini mengulas lebih dalam apa saja 5 brand kosmetik asal china yang telah menjadi favorit konsumen Indonesia dengan perpaduan warna-warna cerah, menawarkan kualitas, inovasi, dan harga yang terjangkau. Penasaran apa saja 5 merek tersebut? Simak daftar berikut ini!

1. Focallure
Kedatangan brand kecantikan yang satu ini sejak awal sudah disambut banyak pecinta kosmetik di Indonesia, dikarenakan  salah satu beauty vlogger terkenal Indonesia Tasya Farasya mengulas dan memberikan ulasan positif pada produk ini yang kemudian sangat booming di tahun 2017, sehingga tidak heran banyak yang mengira ini brand lokal. Focallure sendiri adalah produk asal China milik Guangzhou Diezhuang Cosmetics Co., Ltd, yang diimpor oleh PT. FCL Internasional Indonesia. Brand Focallure didedikasikan untuk menciptakan produk kecantikan yang mempesona dan bercahaya yang menjanjikan menghadirkan sentuhan kilau dan sorotan, dengan tujuan menghadirkan produk yang tidak hanya memikat tetapi juga mengejutkan, memastikan bahwa setiap momen bersama Focallure adalah pengalaman yang menyenangkan. Slogan dari Focallure menjelaskan semuanya: "Sparkle is Everything" yaitu ingin penggunanya menjadi titik fokus, pusat perhatian, dan lambang cahaya. Focallure lebih dari sekedar merek kosmetik; ini adalah gaya hidup yang mendorong individu untuk menjadi pancaran daya pikat, dimana setiap produk dibuat dengan cermat untuk menghadirkan kegembiraan dan sentuhan glamor pada rutinitas kecantikan. Sama seperti brand sebelumnya, Focallure juga menyediakan kosmetik berkualitas tinggi dengan harga terjangkau dan sudah terdaftar BPOM untuk memastikan bahwa produknya aman digunakan oleh konsumen. Rekomendasi beberapa jenis kosmetik riasan wajah dari Focallure yang harus kalian miliki, antara lain eyeshadow palate, eyes collection, face and body collection, lips collection dan makeup tools.

2. PinkFlash 
Pinkflash adalah salah satu brand kosmetik pendatang baru asal China yang langsung sangat populer di kalangan wanita khususnya remaja Indonesia saat ini, Brand satu ini resmi diluncurkan pada September 2020 oleh Guangzhou Diezhuang Cosmetics Co., Ltd, yang kemudian di Impor oleh  PT. FCL Internasional Indonesia. Sister brand dari Focallure ini juga memiliki kualitas terbaik dengan memasukkan bahan-bahan alami. Dengan begitu, kamu juga bisa merasakan manfaat makeup sekaligus merawat kulit wajah. Dan jangan khawatir sama seperti Focallure, Pinkflash juga sangat aman digunakan karena sudah mendapatkan izin BPOM dan melalui proses produksi dengan standar produksi yang tinggi, sehingga nggak bikin kulit jadi bermasalah. Menariknya, produk Pinkflash makeup ini dibanderol dengan harga yang sangat murah. Mulai dari harga 9 ribuan sampai 20 ribuan saja Mulai dari Foundation, Concealer, Makeup eye, blush on, hingga lipstik, juga terjangkau, sehingga dapat mengakomodasi semua make-up enthusiast di Indonesia,  sehingga sangat cocok untuk para pemula yang masih mencoba-coba makeup. Langkah ini merupakan strategi khusus Pinkflash untuk menarik konsumen Indonesia. Berikut beberapa produk Pinkflash yang harus kamu miliki; Pinkflash Oh My Kiss Matte Lipstik, Pinkflash Pink Dessert Eyeshadow Palette, dan Pinkflash Oh My Gloss Lasting Glossy Lip Gloss.

3. O.TWO.O
Menyusul kepopuleran Focallure di Indonesia, O.TWO.O selama beberapa tahun terakhir telah berhasil mendapat banyak ulasan positif dari beauty enthusiast. o.two.o sendiri sebenarnya sudah banyak dikenal di kalangan perempuan Indonesia pada tahun 2018 silam. Sejak dipasarkan oleh PT. Tirta Kumala Sari di Indonesia, brand asal china di bawah perusahaan Guangzhou Shengbaolan Biotechnology, Co., Ltd, ini merupakan perusahaan produsen kosmetik berbagai merek yang berfokus pada R&D, desain, penjualan, dan pemasaran. Sejumlah beauty vlogger Indonesia juga sudah mencoba produk dari brand ini, seperti Rachel Goddard, Fatya Bya, dan Stephanie Rose. Di Indonesia, o.two.o hadir untuk menyediakan produk riasan wajah berkualitas dengan tujuan meningkatkan kecantikan dan keanggunan perempuan Indonesia. o.two.o memiliki tagline “Make beauty become daily”, yang memilki arti bahwa o.two.o menyediakan rangkaian lengkap produk riasan wajah yang bisa digunakan untuk kegiatan sehari-hari dan acara khusus/pesta dengan o.two.o kecantikan bisa didapatkan setiap hari. o.two.o memiliki kemasan yang elegan dan formula yang berkualitas tinggi sehingga menghasilkan produk yang bisa di andalkan sehari-hari. Meski dibanderol dengan harga terjangkau, koleksi produk o.two.o memiliki kualitas yang sangat bagus dan aman untuk digunakan, lantaran sudah mendapat sertifikasi MSDS, GMP, dan FDA, termasuk jaminan keamanan dari BPOM muai dari produk Foundation, Loose Powder, Eyeliner, Concealer, Gold Elixir, Lipstik, Eyeshadow, Brush & Makeup Tool, Blusher, Banxeer, Eyebrow, Serum, dan masih banyak lagi produk lainnya. Tak heran, produk kecantikan asal Cina ini sering viral. Berikut rekomendasi beberapa produk yang populer dari O.TWO.O  yang bisa kamu coba; o.two.o Superstay Matte Ink Liquid, o.two.o Stamp Eyeliner Black Double Head, o.two.o Makeup Blush Stick Hydrating Gloss Lip & Cheek, dan o.two.o Mascara Waterproof Long Lasting Volumizing Lengthen.

4. Nobb!
Selanjutnya brand asal China Nobb! yang diproduksi oleh Guangdong Cool Betty Cosmetics Co., Ltd, yang mengusung konsep artistik dan estetik baru saja memasuki pasar Indonesia lewat impor dari PT.BBG Trada Indonesia, disebut menjadi populer dan menjadi pilihan terkenal di kalangan konsumen muda hanya dalam waktu satu tahun setelah mendarat di platform e-commerce dan media sosial Indonesia. Nama “NOBB!” sendiri diambil dari gabungan bahasa Inggris dan cara penyebutan dalam bahasa Mandarin, yaitu “No” yang berarti “tidak” dan “BB” yang berarti “banyak bicara”. Penamaan tersebut membawa inspirasi bagi NOBB! merujuk pada makna para perempuan yang tidak banyak bicara namun tetap telaten mempercantik diri. NOBB! sendiri berfokus pada tren kecantikan kaum muda berusia 18-30 tahun yang memiliki sifat independen yang kuat, citra merek kecantikan yang terdiversifikasi, dan bertujuan menciptakan produk populer yang paling menarik. Dengan menyediakan banyak jenis produk, mulai dari makeup untuk makeup eye, eyeshadow, lips, blush on, foundation bahkan skincare, sehingga mampu memenuhi kebutuhan konsumen muda dalam satu brand. Selain itu, dengan harga yang terjangkau dan hasil makeup yang natural, NOBB! menjadi salah satu merek kosmetik yang digemari anak muda pada zaman sekarang. Strategi lain brand ini cukup unik karena mereka benar-benar memerhatikan desain produk. Di mana desain yang cantik dan aesthetic berpengaruh untuk menimbulkan rasa penasaran audiens untuk mencobanya. Seperti beberapa produk nobb! ini; NOBB! Trendy Eyebrow Skinny Pensil Alis Waterproof - 3 Colors, NOBB!Air Matte Velvet Lip Cream Glossy High-Pigmented Moist, dan NOBB! Tipsy Twilight Blush Cream Multifunctional Blush On Pigmented.

5. Perfect Diary Beauty
Banyak brand skincare yang sangat di gemari oleh masyarakat Indonesia dan Perfect Diary merupakan satu dari sekian banyak merk produk kecantikan asal China yang telah mewarnai pasar Indonesia. Perfect Diary sendiri diproduksi oleh Cosmax Guangzhou Inc, China. Adapun yang menjadi importirnya adalah PT. Tian Xing Cloud Supply Chain Indonesia. Brand kecantikan yang melirik anak-anak muda sebagai mangsa pasarnya ini memiliki kemasan yang modis serta, setiap produknya diklaim cocok digunakan pada kulit wanita asia, dan mereka juga berusaha selalu menghasilkan produk-produk yang berkualitas. Dengan menggunakan bahan-bahan alami dan di proses dengan teknologi inovatif untuk menciptakan produk yang berkualitas tinggi dengan standar international serta sudah terdaftar izin BPOM sehingga aman digunakan. Brand ini juga mendorong anak muda untuk berani mengekspresikan diri melalui makeup. Beberapa produk populer dari Perfect Diary Beauty antara lain, Perfect Diary's Liquid Lipsticks dan Perfect Diary 9 Eyeshadow Palette.

 

Dari kelima merk kosmetik asal China di atas, manakah yang sering kamu temui di online maupun offline storenya? dan sekarang kamu ngga cuman bisa melihat saja tapi juga bisa memulai impor produk-produk kosmetik di atas dan jadi tangan pertama dari bisnis beauty storemu bersama ETH Cargo Indonesia!